Pengetahuan Dasar Tentang ITC

Pengetahuan Dasar Tentang ITC,-berikut adalah beberapa point penting yang saya rasa perlu diketahui dari smartphone ITC.
Mode bootloader: biasa layar putih, tertera S-OFF/S-ON, hboot versi berapa kah.
Di dalam mode bootloader ini ada fastboot, recovery (utk masuk recovery, bisa cwm atau touch recovery), factory reset. Gunakan tombol volume up atau down untuk panah.

Fastboot Mode: siap untuk flashing via fastboot, ketika mode bootloader maka dicolokkan saja usb-nya lalu usb fastboot. Mode ini juga untuk flash ulang firmware (file RUU dalam *.exe), pada samsung/sony kondisi ini termasuk download mode atau flashmode dimana handset siap untuk diflashulang.
Pengetahuan Dasar Tentang ITC

Utk masuk ke mode ini hh dari keadaan mati, kemudian dinyalakan sambil tekan volume down. Dari mode ready atau posisi sudah masuk system/homescreen, lewat perintah adb "adb reboot bootloader"
Recovery Mode: siap untuk install custom rom, backup rom, restore rom install patch/mod. Pada kondisi stock biasa tidak ada dan harus diflash dulu lewat bootloader image recovery-nya atau via 4xt recovery control. Untuk masuk mode ini dari keadaan ready, dgn perintah adb "adb reboot recovery"

Kombinasi Tombol power + home: screencapture khusus untuk HTC Sense 3.0 keatas
S-OFF: Atau disebut security off, keuntungan dari S-OFF yg paling dapat dirasakan adalah bebas turun naik firmware. Keadaan S-ON hanya dapat flashing firmware yg versinya sejajar atau lebih tinggi lagi, tidak bisa turun.
Dapat replace hboot dgn bebas, baik naik maupun turun.
Dapat inject recovery melalui bootloader, biasa file berupa zip bernama PxxxxIMG.zip (di Sensation PG86IMG.zip, DZ/G2 PCIMG10.zip, dll) Kebebasan flashing ROM, mayoritas membutuhkan kondisi S-OFF

Tata cara S-OFF:
  1. Pakai script tertentu (khusus device lama sebelum Q2 2011), masing-masing device dapat berbeda-beda seperti DZ/G2. Script yg disupport dapat dilihat dari software numbernya (cek di settings-about phone), jika tidak disupport maka harus melakukan DOWNGRADE dimana langkah-langkahnya dapat berbeda untuk tiap-tiap device HTC
  2. Revolutionary: suatu tools software dapat dijalankan di windows atau linux. Cek hboot versionnya berapa, jika masih memenuhi dapat langsung menjalankan tetapi jika hboot terlalu tinggi maka harus DOWNGRADE, masing2 HTC dapat berbeda cara dan scriptnya
  3. XTC Clip: suatu alat khusus untuk melakukan S-OFF krn secara software tidak dimungkinkan. Contoh: Wildfire S, Salsa, Cacha.
  4. Joupornut Bear: menggunakan paper clip, semacam kabel yg dibuat dan dihubungkan ke suatu bagian di balik batre kemudian menjalankan suatu software untuk s-off. Ini biasa dilakukan terhadap device yg secara software apapun tidak didukung.
Flashing Ulang
Kumpulan firmware untuk HTC:
http://shipped-roms.com/index.php?category=android
atau biasa tersedia langsung di situs xda di masing-masing subtrit http://forum.xda-developers.com
Kemudian cari yg sesuai, kenali codename masing-masing HTC. Seperti HTC Desire Z or T-Mobile G2 memiliki nama Vision, HTC Desire memiliki nama Bravo, HTC Desire HD dgn Ace, HTC Desire S disebut Saga, HTC Sensation (termsk yg XE) disebut Pyramid, HTC Sensation XL disebut Runnymede, dsb.
Format file dapat berupa exe, dapat pula berupa zip.Yg berupa exe biasa flashing lewat PC, yg zip itu flashing lewat bootloader (tanpa PC):
  1. Flashing dengan PC: masuk ke bootloader/fastboot mode sambil usb dicolok kemudian jalankan file RUU langsung dari PC
  2. Flashing tanpa PC: file zip sudah ditaro di root of sdcard (jgn taro di folder), rename lah sesuai dengan HTC masing2 (spt DZ/G2 jadi PC10IMG.zip, Sensation/Sensation XE jadi PG86IMG.zip, dsb). Matiin handset lalu nyalain sambil tekan volume down, biarkan dia meload file zip tersebut, nanti ada pilihan utk flashing dan dipilih pakai tombol volume up atau down.
Jika file tersebut aslinya exe dan ingin convert ke zip
https://sonny210183.wordpress.com/2011/06/29/tutorial-flash-ulang-htc-ke-original-tanpa-mode-di-homescreen/ Pada contoh adalah menggunakan DZ dimana menggunakan PC10IMG.zip, silahkan cari di forum xda subtrit HTC masing-masing tentang penamaannya.

Kemungkinan gagal flashing file RUU *.exe
  • File korup
  • Salah file firmware
  • Driver belum terinstall
  • Jika kondisi S-on, file firmware kemgkinan lebih rendah dari kondisi sekarang
  • Baik kondisi s-off/s-on, kemungkinan CID gak sesuai. Cara cek cid adalah melalui fastboot mode: fastboot getvar cid, bisa ubah cid dgn cara "fastboot writecid 111111".

Demikianlah Pengetahuan Dasar Tentang ITC dan mohon maaf jika bahasanya sedekit belepotan karena hasil translate dan copas dari tetangga sebelah.